Pilih-Pilih

Image by: cssreflex.com
Akhirnya memilih Blogger untuk tempat saya menuliskan sesuatu yang ingin saya tulis, atau singkat kata "ngeblog";) Sebelumnya saya memilih Wordpress, alasannya karena dashboard-nya yang lengkap sehingga saya bisa utak-atik dan memiliki kontrol penuh terhadap blog.

Ternyata, hal kecil yang saya inginkan, seperti body text-nya menggunakan font Georgia, ukuran font yang dapat disesuaikan, warna font yang dapat disesuaikan, pada Wordpress tidak mudah untuk dikostumasi. Settingannya memang tersedia, hanya saja pada pengaturan Edit CSS-nya dituliskan:
You can edit your CSS and preview the changes for free. If you would like the ability to save your changes and make your design visible to the public, please purchase the Custom CSS Upgrade.


Mungkin saya kurang mengeksplornya lebih lanjut, hanya saja yang saya pahami bahwa diperlukan purchase the Custom CSS Upgrade untuk mengkostumasi tema yang dipilih. Tidak berhenti di sini, saya coba cari tahu di mana tema Wordpress diupload. Berawal dari halaman ini, entah di mana saya menemukannya (lupa) bahwa tema yang diupload pun butuh approval sebelum dapat tampil di gallery.

Saya hanya butuh platform yang stabil dan tidak terlalu berat karena koneksi internet yang saya miliki cukup pas-pasan. Saya juga menginginkan ngeblog dengan kostumasi tampilan halaman. Akan tetapi, dengan keadaan Wordpress yang seperti itu rasanya saya ingin berpaling. Membeli premium themes pada Wordpress bukanlah pilihan bijak bagi saya.

Saya coba juga LiveJournal, ah ternyata tampilan halaman (tema) yang disediakan juga kurang sesuai. Melakukan kostumasi pun sepertinya saya sudah kehilangan minat. Padahal LiveJournal punya komunitas bagus di antara penggunanya. So, saya tunda dulu menulis di LiveJournal.

Pilihan terakhir (setelah ini itu yang tidak disebutkan) adalah Blogger. Sebelumnya juga saya pernah mencoba menulis di sini. Memang cukup simpel dashboard yang dimiliki, hanya saja editor teksnya terlalu sederhana dibandingkan milik Wordpress yang menggunakan TinyMCE. Bahkan banyak pula aplikasi pembantu untuk menulis di Wordpress, cek halaman ini. Tidak menutup kemungkinan kapan-kapan saya akan balik lagi ke Wordpress karena di Blogger cukup sulit untuk menemukan fitur "Read more". Memang ada sedikit trik untuk menambahkan fitur Read more pada Blogger seperti tutorial di halaman ini. Memang tidak sesimpel Wordpress yang sudah menyediakannya secara default.

Sebelumnya juga saya belum pernah mengutak-atik kostumasi tampilan halaman di Blogger. Dengan alasan ini pula dulu saya berpaling dari Blogger. Akan tetapi, setelah saya coba kembali ternyata fitur Template Designer yang dulu belum sempurna (saat pertama saya pakai masih beta) menyediakan kostumasi halaman yang saya inginkan. Font-nya dapat saya ubah sesuai keinginan, bahkan kalau perlu menambahkan gambar background sesuai keinginan. Tentu dengan opsi seperti ini akhirnya positif untuk memilih Blogger.

Hanya saja ada beberapa masalah saat saya gunakan browser Opera (versi 11.0) saat menggunakan fitur Template Designer. Pertama kali dibuka muncul pesan error:
ERROR: Possible problem with your *.gwt.xml module file.
The compile time user.agent value (opera) does not match the runtime user.agent value (unknown). Expect more errors.
Apakah karena koneksi internet saya yang pas-pasan sehingga tidak semua elemen halaman terdownload, entahlah. Apalagi saat membuka menu Advance pada Template Designer tersebut, Opera pun langsung hang dan terpaksa harus diclose. Tak apalah, untuk hal ini saya gunakan browser lain. Maksudnya, sehari-hari saya pakai Opera dan apabila perlu untuk kostumasi halaman mungkin harus saya gunakan browser lain.

Ke depannya mungkin akan saya ubah layout text-nya, tetapi entahlah kapan;)

0 komentar:

Post a Comment