Tumblr or LiveJournal?

Ini sekedar cerita tentang pengalaman saya saja sih tentang Tumblr dan LiveJournal. Bukan bermaksud untuk "mengadukan" keduanya kok, hanya saja ada beberapa hal yang ingin saya share di sini;)

Sekedar refresh, keduanya merupakan situs microblog dan social media yang boleh dikatakan sebagai wadah kita untuk sekedar blogging, menulis journal atau pun diary.

Kita mulai dari Tumblr, sebenarnya Tumblr hadir belakangan dibanding LiveJournal. Tumblr memang sengaja hadir untuk "menantang" Livejournal dengan fitur-fitur yang lebih terspesifik di dalamnya. Misal, di Tumblr beberapa post dibedakan tiap-tiap jenisnya. Misalnya, untuk posting foto, quote, blog, audio, video, dll. disediakan menunya masing-masing. Sehingga setiap postingan akan dilayout sesuai jenisnya.

Nah, berbeda dengan LiveJournal di mana hanya disediakan satu menu "Post an Entry" untuk semua hal di atas. Layout postingan pun tidak terspesifikasi seperti halnya pada Tumblr. LiveJournal menampilkannya seperti layaknya situs-situs blog, sisi ini pula yang dimanfaatkan Tumblr untuk membuat dirinya lebih spesifik dibanding LiveJournal.

Selain itu, Tumblr menyediakan template atau tampilan tema-tema yang lebih menarik dibanding LiveJournal yang, boleh dikatakan, "membosankan";) Apakah dengan ini Tumblr lebih baik? Nanti dulu;)

 Dari pernyataan di atas muncullah perbedaan antara pengguna Tumblr dan LiveJournal. Bagi pengguna LiveJournal, tampilan bukanlah nomor satu. Mereka lebih senang dengan konten yang mereka buat. Mereka juga lebih senang menuliskan sesuatu dibanding memposting foto-foto. Berbeda dengan pengguna Tumblr, tentu saat saya menggunakannya pun menginginkan Tumblr tampil apik dan memposting sebuah foto pun terasa begitu menyenangkan karena ditampilkan dengan indah;)

Dengan kata lain saya setuju mengenai sebuah kesimpulan bahwa:
Livejournal --> teks
Tumblr --> foto


So, kalau kita lebih senang memposting foto-foto maka Tumblr lah sarana yang pas yang kita butuhkan. Nah, kalau kita lebih senang menulis ria maka LiveJournal boleh dicoba.

Sebagai gambaran deh, kalo kita lebih seneng nulis Note di Facebook maka LiveJournal lebih condong ke arah tersebut, sedangkan kalo kita lebih senang mengupload foto maka lebih condongnya ke Tumblr.

Apakah mutlak seperti itu? Tentu relatif jawabnya, kalo kita lebih senang menulis catatan di Tumblr so boleh-boleh aja kok;)

 Mengapa tidak menggunakan Blogger atau Wordpress saja? Tentu kedua situs tersebut sudah berbeda dengan yang kita bahas ini. Tumblr dan Livejournal memiliki fitur "sosial" sehingga kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di dalamnya. Bahkan untuk LiveJournal ada fitur komunitas, seperti halnya Group pada Facebook;)

Sekarang mulai ada gambaran kan? Atau belum sama sekali?...XD

Saya sendiri sudah menghapus account Tumblr saya dua tahun* yang lalu (*lihat sejak tanggal tulisan ini). Mengapa? Hmm sekarang kita bahas deh kekurangan masing-masing;)

Tumblr dengan postingan foto-foto yang banyak membuatnya "berat" untuk dibuka. Apalagi dengan koneksi internet yang pas-pasan, jangankan menikmati halaman-halamannya indah, membukanya saja sudah membuat saya harus bersabar menunggu. Tentu gak masalah bagi yang "berkoneksi" ngebut;) Selain itu juga Tumblr (setahu saya) tidak mendukung situs mobile alias tampilan versi mobile web (ibaratkan facebook.com dan m.facebook.com, ngerti kan?;) Dengan ini, kita gak bisa posting lewat browser hape (via Opera Mini misal). Adapun posting melalu hape dapat dilakukan dengan aplikasi khusus bagi pengguna smartphone.

LiveJournal sebaliknya, meskipun dengan tampilan halaman yang pas-pasan oleh karena konten yang dibuat penggunanya lebih banyak teks maka dibukanya pun lebih cepat. Bahkan sekarang ini juga sudah tersedia versi mobilenya [m.livejournal.com], so kita dapat memposting sekedar "Notes" dari browser hape kita (layaknya membuat Notes di m.facebook.com).
- link LJ saya versi mobile untuk saat ini: http://m.livejournal.com/read/user/allanaes

Karena hal-hal tersebut di atas pula saya lebih memilih LiveJournal ketimbang mengurusi Tumblr saya dulu.

 Ah udah ah pusing...;) Untuk lebih jauh tentang keduanya mungkin dapat mencoba membuat akun di kedua layanan tersebut. Bagi yang seneng nulis silakan eksplor Livejournal deh, nah bagi yang berjiwa muda silakan bikin Tumblr-nya;)

Tertarik LiveJournal? Nah ini contoh interaksi yang dapat dilakukan dengan teman di LiveJournal:
http://inspectorboxer.livejournal.com/72827.html

Untuk Tumblr, buka yang ini aja deh:
http://laceandcake.tumblr.com/

Keduanya hasil googlingan aja sih, tetapi dapat mewakili yang saya maksud dalam tulisan ini;)
*interaksi dengan teman dapat dilakukan via comment (atau message)

 Oke deh saya tutup segini saja ya... silakan lanjutkan kegiatannya;)

0 komentar:

Post a Comment